Senin, 28 Oktober 2013

5 Alasan Memilih Yamaha Dengan Sistem Fuel Injection

| 31 January 2012 | 16:21
OPINI oleh Niken Satyawati




Yamaha V-Ixion dengan teknologi fuel injection. (credit: Yamaha-motor.co.id)
Siapa sih yang tidak mengakui keunggulan motor Yamaha? Tidak diragukan lagi, Yamaha dengan slogannya ”Semakin di Depan” memang telah merebut hati masyarakat Indonesia. Buktinya? Pada tahun 2011 saja, berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), Yamaha berhasil mencatatkan penjualan lebih dari 3 juta unit sepeda motor di seluruh penjuru Tanah Air, dari berbagai variannya.
Namun keberhasilan itu bukan lantas membuat Yamaha jumawa. Yamaha terus mengembangkan inovasi. Teknologi paling anyar dan unggul dari berbagai sisi, kini disematkan Yamaha pada beberapa produknya. Teknologi itu adalah teknologi fuel injection (FI), yang kali pertama dibenamkan pada motor sport Yamaha V-Ixion yang kali pertama diluncurkan pada 2007 lalu dan terus disempurnakan lagi.
Berdasarkan data statistik penjualan, Yahama V-Ixion telah terjual 766.978 sejak diluncurkan hingga November 2011. Keunggulan teknologi ini membuat Yamaha berhasil merebut 86,6% market share untuk penjualan motor berteknologi injeksi. Tentu ini bukan angka yang main-main.
132797991749504355
Mio-J, skutik pertama Yamaha dengan teknologi fuel injection. (credit: Yamaha-motor.co.id)
Memasuki tahun 2012, Yamaha melebarkan sayap teknologi injeksi pada skutik. Mio-J menjadi skutik pertama dari Yamaha yang meneruskan keunggulan Yamaha dengan teknologi injeksi. Mengingat skutik yang sangat digemari di Indonesia, Mio-J diyakini akan menjadi pilihan konsumen karena keunggulan teknologi dengan mengusung sistem yang dinamai Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI) ini.
Yamaha, pada akhirnya mentargetkan seluruh varian motor yang diproduksinya akan berteknologi FI. Mengapa teknologi fuel injection ini layak didengungkan dan menjadi salah satu keunggulan produk Yamaha? Ini dia alasannya:
1. Akselerasi nyaman
Cara kerja teknologi FI seperti sistem tubuh manusia. Pada sistem FI terdapat ECU (electronic control unit) yang bekerja seperti otak. ECU meneruskan sinyal yang dikirim sensor-sensor, lalu memerintahkan injector menyemprotkan bensin pada mesin, bagaikan otak yang memerintahkan bagian tubuh untuk menjalankan fungsinya. Komponen penting lainnya pada ECU adalah fuel pump yang berfungsi mensuplai bahan bakar dari tangki ke injektor dan menjaga tekanan bahan bakar agar sesuai persyaratan. Sistem kerja yang rapi membuat akselerasi pun menjadi lebih baik, motor pun lebih nyaman dikendarai
2. Bahan bakar lebih irit
Selama hidup di Indonesia, jarang-jarang lho bahan bakar minyak (BBM) mengalami penurunan harga. Yang ada adalah harga BBM naik terus. Teknologi FI Yamaha memberikan keuntungan bahan bakar lebih hemat di atas 30 persen. Dengan sistem injeksi, bahan bakar disuplai sesuai kebutuhan mesin sehingga menghemat bahan bakar. Tentu ini merupakan keunggulan tensendiri yang sesuai dengan kebutuhan konsumen pengguna kendraan bermotor. Selama ini sebagai pengguna skutik, keluhan saya adalah penggunaan bahan bakar agak boros. Sehingga Mio-J seolah menjadi jawaban bagi para pengguna skutik dengan keluhan tersebut. Skutik boros BBM? Enggak lagi dengan teknologi FI!
3.Tenaga lebih kuat
Teknologi injeksi, walau lebih irit bahan bakar, bukan berarti lantas membuat power/tenaga lebih lemah. Justru tenaga lebih kuat. Buktinya Yamaha skutik Mio-J yang Februari ini mulai dipasarkan, mampu menghasilkan tenaga hingga 7,75 PS di putaran 8.500 rpm dengan torsi puncak mencapai 8,5 Nm di 5.000 rpm.
4. Emisi gas buang ramah lingkungan
Ini sangat penting, mengingat asap dari kendaraan bermotor selama ini menjadi penyumbang emisi gas buang terbesar di Indonesia. Sistem pembuangan pada motor Yamaha berteknologi FI sudah mendahului menggunakan standar Euro3 yang di Indonesia sendiri, menurut AISI baru akan mulai diaplikasikan pada Juli 2013. Bila semua motor menggunakan teknologi dengan standar ini, maka udara Indonesia akan makin bersih dari pencemaran udara, dan masyarakat kita bisa hidup lebih baik dengan menghirup udara yang lebih bersih.
5. Kesiapan layanan purna jual
Yamaha telah melengkapi layanan purna jual dengan mempunyai bengkel resmi di berbagai pelosok Nusantara. Para mekaniknya pun telah dipersiapkan menuju era teknologi injeksi, dengan dibekali pengetahuan tentang FI pada ajang Indonesia Technician Grand Prix (ITGP). ITGF telahir atau yang ke-11 telah digelar November 2011 lalu di Bandung.
Nah, tunggu apa lagi? Kiranya tak ada alasan lagi untuk tidak memilih motor Yamaha bertekologi FI, setelah mengetahui 5 keunggulan teknologi fuel injection di atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar